Kamis, 04 Juli 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi komunikasi

TEKNOLOGI INFORMASI | Era Revolusi Industri 4.0, Kominfo dan UI Siapkan Talenta Digital

Ilustrasi

TEKNOLOGI INFORMASI - Pemerintah Indonesia terus menyiapkan sekian banyak  strategi dan tahapan menyongsong era Revolusi Industri 4.0. Salah satunya menyiapkan sumberdaya insan terampil di bidang teknologi informasi dan komunikasi atau talenta digital.
Universitas Indonesia dan Kementerian Kominfo mengadakan pelatihan FGA guna 580 orang.

Salah satu evolusi besar dalam revolusi 4.0 di bidang teknologi informasi dan komunikasi ialah transformasi dengan kehadiran perlengkapan dan kemahiran big data, internet of things, artificial intelligence, machine learning, cloud computing dan pelbagai teknologi interaktif terbaru.

“Presiden Joko Widodo mempunyai visi yang jelas dalam menunjukkan ekonomi Indonesia ke era digital baru. Salah satu konsentrasi pembangunan nasional Indonesia tahun 2019 ialah peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, tergolong di bidang teknologi informasi dan komunikasi,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Melalui Program Digital Talent Scholarship tahun 2019, pemerintah menyerahkan beasiswa edukasi dan pelatihan untuk menyokong pengembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Bidang pelatihan mencakup Cybersecurity, Cloud Computing, Big Data, Artificial Intelligence, Internet of Things, Machine Learning, Digital Skills, IT Essentials, Android, dan Programming Essentials in Python. Selain tersebut peserta pun dibekali softskill dan hardskill guna menghadapi kendala Revousi Industri 4.0.

Baca Juga : STIE Nobel dan STIK Mandala Waluyo Kerjasama di Bidang Teknologi Informasi


“Sasaran Program DTS 2019 guna membekali kompetensi 25.000 orang alumni SMK, D3/D4, S1, Aparatur Sipil Negara (ASN), guru TIK SMA atau setara serta penyandang disabilitas. Di samping itu, menyerahkan sertifikat dari Global Technology Company dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” jelas Rudiantara.

Bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Universitas Indonesia melewati Fakultas Ilmu Komputer UI dan Fakultas Teknik UI Departemen Teknik Elektro melangsungkan FGA sekitar dua bulan. Pelatihan itu dibuntuti oleh 580 orang dari sekian banyak  daerah di Indonesia.

Baca Juga : Ada Gojek sampai Traveloka, Alasan Arab Saudi MoU Digital Ekonomi dengan Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar