Kamis, 04 Juli 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi bisnis

Universitas AKI Semarang, Kampus Modern Berbasis Teknologi dan Bisnis


teknologi informasi bisnis Universitas AKI Semarang merupakan universitas canggih yang berkampus di Jl. Imam Bonjol No. 15–17 Semarang. Universitas ini adalahpenggabungan STIMIK AKI, STIE AKI, STIBA AKI DAN APIKES AKI di bawah naungan Yayasan Universitas AKI cocok Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 161/D/0/2003.

Di usianya ke-27 tahun Universitas AKI terakreditasi BAN PT guna Institusi peringkat B dan Program Studi pun peringkat B.

Dr Tri Purwani, Rektor Universitas AKI Semarang menuturkan berdirinya Universitas AKI mengakomodir pertumbuhan Teknologi Informasi yang dihadapi di era digital.

“Semua kegiatan bisnis memerlukan penguasaan teknologi untuk menjangkau keberhasilan, bertumpu pada situasi ini maka Universitas AKI menjadi Kampus yang mempersiapkan Generasi milenial guna siap guna bekerja sebagai Pegawai Negeri / Swasta maupun dapat membuka lapangan usaha mandiri,” paparnya, Kamis (13/6/2019).

Hal ini menurutnya sebab kurikulum yang diterapkan merangkum teknologi Informasi dan bisnis sebagai ikon kampus yang didukung sekian banyak  fasilitas canggih serta tenaga pengajar cocok dengan bidang ilmunya.


“Juga berkolaborasi dengan dunia usaha serta pemerintah khususnya mata kuliah tertentu kita memakai dosen praktisi yang dalam urusan ini menunjukan bahwa alumni Universitas AKI dapat bekerja secara profesional di bidangnya,” imbuhnya.

Visi Universitas AKI Semarang merupakan menjadi universitas unggul, berdaya saing nasional dalam bidang Ilmu pengetahuan, dan dengan mengedepankan teknologi serta bisnis atas dasar keimanan untuk Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara tujuan Universitas tersebut, di antaranya mengawal dan menambah mutu edukasi berbasis teknologi dan Bisnis. Lalu mengawal dan menambah mutu riset berbasis teknologi dan bisnis, serta mengawal dan menambah mutu pengabdian pada masyarakat berbasis teknologi dan bisnis.

“Universitas AKI saatnya berbasis teknologi dan bisnis menghasilkan alumni yang mandiri, berjiwa enterpreneur dan menguasai teknologi informasi,” terangnya.

Untuk menunjang proses belajar mengajar supaya dapat menghasilkan alumni yang diandalkan, Tri menyatakan Universitas AKI dilengkapi laboratorium komputer, laboratorium multimedia, laboratorium hardware, software, jaringan, laboratorium Bahasa, laboratorium psikologi dan perpustakaan yang lengkap.


Adapun untuk penambahan kompetensi, Universitas AKI berkolaborasi dengan CISCO guna program sertifikasi networking, LKP Lingga Mas guna sertifikat Brevet Pajak A, B, C, dan kantor konsultan pajak guna program magang mahasiswa.

“Sedangkan dengan pihak luar Universitas AKI telah menadatangi MoU dengan Burapha University Thailand, Huachiew chalermprakkiet University Thailand, Hebei Normal University Tiongkok, dan California : Baptis University California,” terangnya.

Di sisi mahasiswa, Alex Dharmawan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Unaki menjelaskan, guna menunjang Program extrakurikuler Universitas AKI mempunyai unit pekerjaan mahasiswa di antaranya IT Club, English Club, bulu tangkis, sepak bola dan futsal, bola voli, tenis meja, paduan suara (vokal group) band musik dan kajian keagamaan.


Ada empat fakultas yang terdapat di Universitas AKI Semarang. Di antaranya Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Bahasa dan Budaya, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, dan Fakultas Psikologi.

Fakultas Teknik dan Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika menawarkan kesempatan untuk maahasiswa guna meraih karir dibidang teknologi yang terus berkembang dan mempunyai masa mendatang yang cerah. Selain tersebut para lulusan pun mendapat sertifikasi di bidang jaringan CISCO.


Lulusan Teknik Informatika bisa berkarir di bidang Software Engineering, Web Engineering, Computer Networking, Intelligent System Developing.

Lulusan Sistem Informasi bisa berkarir di bidang Bussines System, IS/IT Auditing, Project Management.

Peluang kerja alumni Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan tersingkap luas di lingkungan industri web design dan web content, industri game, industri periklanan, industri perfilman dan berwirausaha di bidang aplikasi multimedia.

Fakultas Bahasa dan Budaya

Di tengah pergaulan masyarakat yang tanpa batas dan pertumbuhan dunia bisnis yang semakin global, keterampilan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris adalahsyarat yang tidak bisa dielakan.

Fakultas Bahasa dan Budaya berkolaborasi dengan lembaga edukasi bahasa serta instansi pariwisata dan perhotelan, menyiapkan alumni yang memiliki kompetensi menjadi translater, interpreter profesional, peneliti kebiasaan dan sastra, bidang Export Import (Freight Forwarding), dan bidang pariwisata dengan didukung penguasaan teknologi informasi, dan entrepreneurship.


Fakultas Ekonomika dan Bisnis terus berjuang mempersiapkan mahasiswa menjadi entrepreneur, yang dapat mengembangkan bisnis dengan kekuatan inovasi dan teknologi. Di samping dibekali ilmu bisnis yang luas dan mendalam, keterampilan di bidang perpajakan, mahasiswa pun dibekali pengetahuan mengenai sistem informasi, serta keterampilan penguasaan berbahasa Inggris yang baik.

Untuk penambahan kompetensi lulusan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis berkolaborasi dengan LKP Brevet Pajak dan Kantor Akuntansi Publik.

Lulusan Program Sarjana Manajemen bisa menjadi Entrepreneur yang dapat membuat peluang usaha atau menjadi manajer yang dapat mengelola perusahaan.


Lulusan Program Sarjana Akuntansi memiliki kompetensi menjadi Yunior Akuntan Perusahaan, Yunior Akuntan Publik, dan Analis Sistem Informasi Akuntansi.

Lulusan Program Sarjana Perpajakan bisa mengisi susunan pekerjaan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Konsultan Pajak (KKP), Konsultan Pajak maupun Pengacara/Pembela Perkara pada sidang sengketa pajak di peradilan pajak.

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi menawarkan kesempatan untuk mahasiswa menjadi sarjana psikologi yang profesional dan siap menghadapi kendala yang semakin kompleks.

Fakultas Psikologi berkolaborasi dengan lokasi tinggal sakit, sekolah, instansi pemerintah dan swasta, sebagai lokasi praktek mahasiswa secara nyata.


Dengan sarana laboratorium Psikodiagnostik, percobaan dan komputer yang lengkap, Fakultas Psikologi menyiapkan alumni yang memiliki kompetensi menjadi Konselor, Fasilitator, Motivator, Konsultan, Manajer SDM, Pelaku Usaha Mandiri. (ahm)

0 komentar:

Posting Komentar