Jumat, 12 Juli 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | TEKNOLOGI INFORMASI PENDIDIKAN

TEKNOLOGI INFORMASI | Lomba SMK Era 4.0, Bidang Teknologi Informasi Mendominasi



TEKNOLOGI INFORMASI - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal menggandeng dunia industri dan usaha dalam penyelenggaran Lomba Kompetisi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional.

LKS SMK ke-27 tahun ini dilakukan di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, 7-13 Juli. Ajang bertajuk ‘Kompeten Menyongsong Industri 4.0’ ini resmi dimulai oleh Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud M Bakrun, Selasa (9/7) pagi.

“LKS ini ialah kompetisi yang setara Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk siswa SMA,” jelas Bakrun.

Ia mengatakan pekerjaan tahunan ini bertujuan memperkuat edukasi vokasi melewati penyelarasan edukasi dan pelatihan supaya sinergis dengan keperluan dunia kerja.

Baca Juga : Ini Desain Teknologi Headlamp Anyar SUV Lexus RX

Tema ‘Kompeten Menyongsong Industri 4.0’ dipilih sebab saat ini keperluan kerja tidak dapat lepas dari digitalisasi. Digitalisasi menjadi dasar bidang-bidang kompetensi yang dilombakan dan beberapa besar sehubungan dengan teknologi informasi.

“Ada 759 murid SMK dari 34 provinsi yang bersaing dalam 32 kompetensi,” ucapnya.


Di samping kompetensi umum laksana tata boga dan tata busana, LKS tahun ini melombakan teknologi automobile, mobile robotic, IT software, dan web. Ada pula lomba mengenai terapi kecantikan, lanskap dan taman, serta metrologi.

Kemendikbud bakal menggandeng dunia usaha dan industri untuk melangsungkan LKS selanjutnya. Kerjasama ini untuk memahami sejauh mana latihan atau teori yang diajarkan ke siswa cocok dengan keperluan industri.

Baca Juga : Pemerintah Resmikan Pembangunan Pabrik Bahan Baku Baterai Kendaraan Listrik

“Kementerian nantinya juga dapat melakukan perbaikan atas kelemahan kurikulum yang diajarkan,” katanya.

Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera, perusahaan penyedia perangkat ukur rekanan acara ini, menuliskan dunia industri mendatang memerlukan tenaga kerja yang dapat mengoperasikan alat-alat dengan sistem komputerisasi.

“Kami sepenuhnya bakal berpartisipasi dan menyokong LKS sebab ajang ini menjadi ujian untuk siswa SMK dalam mengoperasikan mesin-mesin bersistem komputer,” katanya.

Dalam gelaran LKS ini, Tony menuliskan pihaknya melangsungkan lima lomba yakni automobile technology, metrology, welding, CNC milling, dan CNC turning.


0 komentar:

Posting Komentar