Jumat, 21 Juni 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi online

TEKNOLOGI INFORMASI | Jualan Jaket Online Dapat Untung Rp 45 Juta/Bulan




TEKNOLOGI INFORMASI - Sebanyak 300 pengusaha muda di Kabupaten Bandung sudah dapat menciptakan lapangan kerja baru untuk menambah perekonomian masyarakat sekitar. Ratusan pengusaha muda tersebut tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung dengan umur antara 17-40 tahun.

"Menjadi pengusaha muda tersebut menjadi di antara pilihan. Meski sebelumnya, ada salah satu mereka mempunyai pekerjaan seraya membuka usaha baru. Karena usahanya berkembang, kesudahannya mereka berhenti dari pekerjaanya dan memilih menjadi pengusaha muda. Ada pun yang merintis dari nol guna menjadi pengusaha muda dan kesudahannya usahanya berhasil dan berkembang," kata Ketua Forum Komunikasi Wirausaha Muda Kabupaten Bandung Dani Hamdani,

Dani mengatakan, semua pengusaha muda itu, sebagian salah satu mereka memanfaatkan informasi dan teknologi (IT) guna mengembangkan usahanya melewati jaringan media sosial online. "Saat ini, beberapa besar pengusaha muda memanfaatkan bisnis online guna transaksi bisnisnya. Mulai dari bisnis dagangan berupa pakaian, makanan, kerajinan tangan dan usaha lainnya," kata Dani.

Baca Juga : OJK Kantongi 8 Calon Penyedia Platform Equity Crowd Funding

Berdasarkan keterangan dari Dani, membuka usaha dengan memanfaatkan bisnis online paling menguntungkan untuk para pengusaha muda. Misalnya disaat mereka menjual kopi lokal. Semula pemasaran kopi melulu di daerah, kini sudah dapat dipasarkan ke luar wilayah melalui bisnis online tersebut.

"Termasuk ketika ini dalam pemasaran pakaian berupa kaos, dapat dipasarkan ke Kabupaten Kuningan. Hal ini berkat anda melek pemakaian bisnis online, sehingga dapat membantu semua pengusaha muda di Kabupaten Bandung guna mengembangkan usahanya," katanya.

Terkait pengembangan usaha yang dilakukan para pengusaha muda, ia mengatakan, telah ada desakan dari pemerintah dalam kegiatan tuntunan teknis (bimtek) melewati gerakan kewirausahaan nasional. Program bimtek ini digulirkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI di samping pihak lain.

"Tetapi disamping tersebut ada program lain, yakni unjuk kabisa yang dilakukan rutin tiap tahun yang difasilitasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar. Sedangkan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung mengemban bimtek kewirausahaan," jelas Dani.

Sangat menjanjikan
Ia pun mempercayai wirausaha yang dilakukan pengusaha muda dengan modal sendiri bakal terus meningkat di Kabupaten Bandung. Aset usaha semua pengusaha muda tersebut dari puluhan juta rupiah sampai dibawah Rp 1 miliar.

"Bahkan terdapat yang telah meraih deviden Rp 45 juta masing-masing bulan dari bisnis jaket dan celana jean melewati online. Bisnis online tersebut sangat menjanjikan dan enggak capek dalam menjual produk," katanya untuk wartawan Galamedia, Engkos Kosasih.

Baca Juga : Amunisi Serangan Balik Facebook di Balik Kasus Abu Janda

Untuk menaikkan ekonomi masyarakat, kata Dani, FKWM terus mengerjakan sosialisasi untuk kalangan pelajar maupun mahasiswa. Bahkan, mereka menjadi sasaran utama guna menumbuhkan semua pengusaha muda di Kabupaten Bandung.

"Disaat mereka sekolah atau kuliah, tak lagi memikirksn bagaimana menemukan pekerjaan. Kita berjuang untuk merubah pola pikir mereka, setelah berlalu sekolah atau kuliah membuka lapangan kerja baru. Soalnya, membuka lapangan kerja baru bakal mendapatkan deviden lebih besar, ketimbang menjadi pekerja. Karena itu, semua lulusan sekolah paling potensial guna menjadi pengusaha muda," paparnya.

Dani berharap, disaat semua pengusaha muda tersebut mampu membuat lapanhan kerja, bisa memberikan peluang lapangan kerja untuk warga lainnya melewati kewirausahaan tersebut.
"Karena itu, tagline FKWM yakni 'mau hingga kapan anda bekerja'. Artinya, anda harus membuka lapangan kerja baru," ucapnya.

Ia juga menuliskan, FKWM menjalin kerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, di samping dengan pihak kecamatan maupun paguyuban usaha kecil menengah dan karang taruna dalam mengembangkan usaha.

Baca Juga : 3 Bahaya Pakai VPN bikin Akali Pembatasan Medsos

0 komentar:

Posting Komentar