Senin, 17 Juni 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi lipi

TEKNOLOGI INFORMASI | LIPI Buka Peluang Kerja Sama Digitalisasi Karya Ilmiah


SEKOLAH ROBOT INDONESIA



TEKNOLOGI INFORMASI - Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuka kesempatan kolaborasi dengan sekian banyak  pihak guna percepatan digitalisasi karya ilmiah atau hasil penelitian.


"Kolaborasi anda harus dinaikkan tidak melulu di level kerja sama yang sifatnya kepandaian politik dan sebagainya, tapi hingga level data," kata Pelaksana tugas Kepala PDII LIPI Hendro Subagyo dalam diskusi publik "Transformasi Perpustakaan di Era Revolusi Industri 4.0," di kantor LIPI, Jakarta.

Baca juga: Bagaimanakah Perkembangan JSC Setelah 4 Tahun Berjalan?

Dia menuturkan hambatan terbesar dalam mendorong percepatan digitalisasi ialah infrastruktur dan sumber daya manusia.

Jika pihaknya menemukan 100 scanner dan 200 pegawai, maka digitalisasi karya ilmiah lima tahun atau puluhan tahun ke belakang bisa dilakukan. Namun, pengadaan masih sulit sebab terkendala dana. Bagi itu, kolaborasi dengan sekian banyak  pihak guna digitalisasi karya ilmiah ini mesti dilakukan.

Baca juga: Bukan Lagi Stereotipe Gamers Jaman Dulu


Demikian pula dengan penguatan kapasitas sumber daya insan dalam bidang digitalisasi pun harus dilaksanakan untuk mempercepat proses digitalisasi.

Digitalisasi menjadi penting sebab kebutuhan informasi yang diakses secara digital semakin meningkat. Jika sumber data dalam format digital, maka memudahkan masyarakat mengakses data atau informasi kapanpun dan di mana juga tanpa mesti pergi ke perpustakaan untuk menyaksikan data fisik.

Digitalisasi karya ilmiah pun akan mengurangi ongkos dalam pengadaan tidak sedikit ruang atau alat, sumber daya insan dan perawatan yang lebih banyak untuk menyimpan dan merawat data secara fisik.

Baca juga: Sering Kali Siswa Lebih Mengusai Perkembangakan Teknologi Daripada Guru
Gambar terkait

0 komentar:

Posting Komentar