Jumat, 14 Juni 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi kuliah

TEKNOLOGI INFORMASI | Buka Prodi Baru, Untag Semarang Gelar Kuliah Pendidikan Kepercayaan




TEKNOLOGI INFORMASI - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang akan membuka program studi (prodi) baru pada tahun akademik (TA) 2019/2020. Prodi tersebut tak lainialah Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME) Program Sarjana (S1).

Informasi yang didapatkan Semarangpos.com, rencana Untag membuka Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME tersebut sudah mendapat persetujuan dari Lembaga Layanan (LL) Pendidikan Tinggi (Dikti) Wilayah VI Wilayah VI Jawa Tengah (Jateng).
Bahkan LL Dikti melewati kepalanya, Prof. D.Y.P. Sugiharto, telahmengemukakan surat permohonan peningkatan prodi baru guna Untag dengan nomor B/891/L6/KL.00.00/2019, yang ditujukan untuk Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) per tanggal 12 Juni 2019.

Baca Juga : PUBG Mobile jadi gim dengan deviden tertinggi ketika ini

Rektor Untag Semarang, Prof. Suparno, membetulkan rencana pendahuluan Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME pada TA 2019/2020. Bahkan, informasi yang diperolehnya Kemenristekdikti sudah mengamini rencanatersebut dengan telah mengeluarkan surat keputusan (SK).

“SK-nya baru bakal kami ambil pekan depan,” ujar Suparno untuk wartawan di Semarang, Jumat (14/6/2019).

Suparno mengatakan gagasan untuk membuka Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Y.M.E sebetulnya berasal dari kementerian. Pihaknyamenyatakan sebelumnya ditawari oleh kementerian guna membuka prodi yang mempelajari mengenai kaum penghayat keyakinan itu.

“Sebenarnya kami tersebut dilamar kementerian guna membuka program itu. Kami dipilih sebab pernah ada sebuah peristiwa yang melibatkan kaum penghayat di Semarang dan kami [akademisi Untag] yang menangani,” ujar Suparno.

Suparno menuliskan di mula penerapan, pihaknya bakal bekerja sama dengan perkumpulan aliran-aliran penghayat yang terdapat di Semarang.

“Nanti kami akan mencoba prodi ini dapat mengakomodasi mahasiswa yang berasal dari perkumpulan pengikut penghayat kepercayaan. Jadi akan anda terapkan tahun ini,” imbuhnya.

Suparno mengklaim Untag Semarang menjadi satu-satunya kampus yang mempunyai Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Y.M.E. Prodi baru ini nantinya akan tergabung dalam Fakultas Bahasa dan Budaya.

Suparno menyatakan prodi Kepercayaan untuk Tuhan YME bakal diajarkanguna pembelajaran semua mahasiswa Strata-1 (S1). "Kita buka bikin S1 dulu, bila ke depan prospeknya bagus akan dimulai lagi guna yang S2. Tentunya kami sebagai lembaga edukasi sangat mengapresiasi tahapan kementerian yang berani memungut terobosan dengan memperbolehkan ilmu pendidikan untuk kalangan minoritas,” ujarnya.

Keberadaan pengikut aliran Kepercayaan Terhadap Tuhan Y.M.E dewasa ini memang mulai mendapat lokasi di kalangan masyarakat maupun pemerintah. Bahkan, pemerintah mulai memperbolehkan Kepercayaan Terhadap Tuhan Y.M.Edisematkan dalam kolom keyakinan pada kartu tanda warga (KTP)kepunyaan penghayat keyakinan sejak pertengahan 2018 lalu.

Baca Juga : Xiaomi pimpin pasar wearable di China

0 komentar:

Posting Komentar