Senin, 17 Juni 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi its passing grade

TEKNOLOGI INFORMASI | Jurusan Informatika ITS TerberatTapi yang Cumlaude Paling Banyak


Tantangan berat tidak menciptakan 57 mahasiswa Departemen Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi gentar. Pasalnya Departemen Informatika mempunyai passing grade sangat berat di ITS, tetapi pada jurusan itu sukses mencetak 23 lulus dengan predikat pujian atau cumlaude.

Wisudawan terbaik program sarjana dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi guna wisuda hari kedua, pun ada di Departemen Informatika. Predikat IPK tertinggi ini jatuh pada Hendry Wiranto dengan IPK 3,93 dan lama studi tujuh yaitu semester.



TEKNOLOGI INFORMASI - Kepala Departemen Informatika ITS, Dr Eng Darlis Herumurti S Kom M Kom, mengaku kebanggaannya atas pencapaian mahasiswanya. “Di sini benar-benar bagus, lagipula wisuda kali ini mahasiswamenuntaskan studinya melulu dalam masa-masa 3,5 tahun saja,” ujarnya.

Darlis mengatakan, nyaris setiap wisuda Departemen Informatika mempunyai jumlah wisudawan cumlaude lumayan banyak. Menurutnya,urusan ini bukan sebab dosen gampang dalam menyerahkan nilai,tetapi dari mula mahasiswa yang masuk memang baik dan telah bagus. ”Karena Departemen Informatika mempunyai passing grade tertinggi di ITS, jadi mereka pantas menyandang predikat cumlaude,” sambungnya.

Perlu diketahui, indikator yang mengakibatkan mahasiswa lulus dengan predikat cumlaude yakni nilai IPK diatas 3,5 dan lama studi tidak lebih dari empat tahun. Lalu, di ketentuan akademik yang baru guna mata kuliah di kurikulum 2018, jangan ada nilai C, paling tidak BC. “Mestinya andai merujuk ke ketentuan lama, ada sejumlah mahasiswa yang seharusnya cumlaude namun sebab ekivalensi, mereka tidak dapat cumlaude,” jelas Darlis dengan ramah.

Baca Juga: Revolusi Industri 4.0 Tuntut Perubahan Sistem Pendidikan

Lebih lanjut dia menjelaskan, urusan itu tidak lepas dari sekian banyak  dukungan yang terdapat di Departemen Informatika. Dengan tetap mengawal kualitas pendidikan tersebut yang sangat utama. Dari sisi dosen, lebih dinaikkan kapasitasnya sebagai pengajar. “Kemudian menambah kualitas mulai dari kurikulum, sistem belajar mengajar, dan kemudahan yang terbaik. Sehingga dapat mendukung dan memperlancar proses pengajaran,” ujarnya.

Kemudian dari segi mahasiswa, dinyatakan Darlis, departemen selalu menyokong untuk peningkatan keterampilan baik softskill maupun hardskill. Dengan memberikan kemudahan untuk terus berprestasi tidak saja akademik tetapi nonakademik juga. ”Karenaguna mendapatkan predikat cumlaude tersebut tidaklah mudah, mahasiswa telah memperlihatkan bahwa mereka paling mampu,” ujarnya.

Di akhir, Darlis berharap supaya wisudawan dapat menyerahkan kontribusi nyata untuk bangsa dan negara. “Semoga alumni ini mempunyai akhlak dan etika yang baik khususnya pada orang tua dan pun masyarakat,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar