Selasa, 28 Mei 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi dalam al quran


PT Barokah Inovasi Teknologi Bandung meluncurkan software Al Quran digital mempunyai nama Quran Best Indonesia di bulan Ramadan ini. Selama dua pekan semenjak peluncurannya, jumlah pengunduhnya telah menjangkau 100 ribu lebih. Aplikasi tersebut bebas dipakai secara gratis.

Marketing Executive Officer Idham Fitriadhi mengatakan, software itu diciptakan sejak Oktober 2018. Peluncurannya pada 8 Mei 2019 di Bandung. “Sekarang 100 ribuan mengarah ke 200 ribu pengunduh,
targetnya hingga 1 juta orang sekitar bulan puasa ini,” katanya untuk Tempo, Kamis, 23 Mei 2019.



TEKNOLOGI INFORMASI - Aplikasi itu dapat diunduh secara cuma-cuma di toko online setiap operasi sistem handphone. Berdasarkan keterangan dari Idham, software ini berangkat dari penciptaan Alquran cetak. Pembuatan versi digitalnya ini melibatkan alumni Teknik Informasi Institut Teknologi Bandung. “Ada 20 orang yang tercebur di unsur teknologi informasi ini,” ujar dia.

Banyak fitur dalam software Alquran digital ini. Ada masa-masa salat perwilayah tempat bermukim pemakai. Adapun jenis Alquran yang disajikan terdiri dari tujuh macam, laksana Indonesia, Indonesia Tajwid, Alquran per Kata, per Kata Tajwid, per Ayat, Alquran Madinah, dan Madinah Tajwid.

Pada jenis Alquran per Ayat terdapat fitur ekstra di samping teksyakni suara pembaca Alquran sejumlah tujuh orang yang dapat dipilih. Mereka ialah imam masjid di Timur Tengah laksana Abdul Baasit, Abdullah Matroud, Abdurrahman As-Sudais, Mishari Rashid.

Fitur beda yang telah dipasang laksana arah kiblat, teknik membaca Alquran cocok ketentuan, penelusuran terjemahan. Tempo yang menjajalsoftware itu tidak menemukan fitur guna memperbesar halaman bacaan Alquran.

“Solusinya memutar tampilan handphone menjadi posisi panoramic,” kata Idham.

Sebuah kelemahan yang terasa yakni pada jenis Alquran per Kata yang menerjemahkan ayat dalam bahasa Arab ke bahasa Indonesia per kata. Tampilan hurufnya terhitung kecil dan susah diperbesar. Masalah ini terjadi pada handphone berbasis sistem operasi Android. Sementara pada iOS, kata Idham, dapat terlihat dengan lebih jelas.

Pada sistem Android, software Al Qurfan ini dapat berjalan mulai dari versi empat. Tampil tanpa iklan, software ini menurut keterangan dari Idham sudah mengantongi sertifikasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Customer Relationship Management (CRM) Solusi Terbaik Bagi Industri Otomotif

0 komentar:

Posting Komentar