Senin, 27 Mei 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi ancaman dan contohnya

TEKNOLOGI INFORMASI | Ancaman Lain Aplikasi
 'Tuyul', Tak Cuma Sedot Kuota dan Baterai

Baru-baru ini Google merazia 22 software "tuyul" di Play Store yang diam-diam menyedot baterai dan kuota internet. Tapi ternyata aplikasi-aplikasi ini membawa ancaman yang lebih riskan untuk pemakai yang mengunduhnya.

Hal ini dikatakan oleh peneliti ketenteraman internet dari Vaksincom, Alfons Tanujaya. Menurutnya, aplikasi-aplikasi itu mempunyai tingkat ancaman ketenteraman yang lebih mengkhawatirkan dari sebatas menyedot baterai dan kuota internet.


TEKNOLOGI INFORMASI  - "Kalau hanya sedot baterai sih tersebut masalah kecil. Masalah agak besar barangkali kuota sebab berpotensi menyebabkan kerugian finansial. Tetapi sebetulnya ancaman terbesar ialah ancaman sekuriti," ujar Alfons ketika dihubungi detikINET melewati pesan singkat, Kamis (13/12/2018).

Alfons juga menyamakan aplikasi-aplikasi badung ini dengan Potentially Unwanted Application (PUA) yang sering didatangi di PC. PUA ini biasanya software jahat atau malware yang menumpang di software populer.

"Aplikasi PUA dan semacamnya berpotensi memungut data urgen pemakai sepertikelaziman browsing, profil pemakai, data kontak hingga data urgen seperti kredensial dan data keuangan," jelas Alfons.

Ancaman ini lah yang menciptakan pemakai mesti lebih berhati-hati. Terutama sebab praktek ekskavasi data ini seringkali terjadi tanpa sepengetahuan pemakai. Di samping itu, Alfons pun menjelaskan bahwa aplikasi-aplikasi "tuyul" badung ini pun membawa kerugian lain. Berikut sejumlah contohnya:

- Hasil search yang dimanipulasi atau ditunjukkan hanya pada situs-situs yangmenyerahkan keuntungan pada PUA.
- Diarahkan ke website dewasa / pornografi.
- Diarahkan ke website phishing yang bakal memancing korbannya login sampai-sampai kredensial akun pentingnya laksana Facebook, Instagram, Gmail, dan lain-lain dicuri.

BACA JUGA : Kelihaian ISIS Tebar Jejak Digital guna Bentuk Kekhalifahan

0 komentar:

Posting Komentar