Selasa, 14 Mei 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | teknologi informasi zaman dahulu



TEKNOLOGI INFORMASI - 
Kebudayaan masyarakat Mesir Kuno menjadi di antara peradaban mula manusia yang mempunyai peran urgen pada peradaban zaman. Mereka sukses menciptakan sistem aksara mula manusia yang dikenal sebagai Hieroglif. Hal tersebut menjadi bukti bahwa ilmu pengetahuan di Mesir Kuno paling berkembang pesat.

Kemajuan ilmu pengetahuan di Mesir Kuno juga diperlihatkan dari banyaknya profesi yang dijalani masyarakat di sana ketika itu. Ada yang menjadi dokter, berpengalaman astronomi, seniman, juru tulis, petani, pedagang, dan beda sebagainya.

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat pastinya selalu dibuntuti olehperadaban teknologi. Seperti pada masyarakat Mesir Kuno yang sukses menciptakanperangkat transportasi berupa perahu untuk kebutuhan pelayaran dan perdagangan. Mereka sukses membuat perahu yang dapat mengarungi Sungai Nil dengan paling baik saat membawa beban yang lumayan besar.

Pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di Mesir ketika itu dilaksanakan olehsemua pendeta atau imam. Mereka yang sukses membuktikan keahliannya bakal menduduki ruang belajar sosial yang paling terhormat dan dilepaskan dari kerja kasar.

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang berjuang untuk masuk dalam ruang belajar tersebut. Para pendeta tersebut memiliki peluang yang besar guna mengembangkan teknologi, matematika, sosial, dan politik.

Bukti kemajuan tinggi Mesir Kuno lainnya ialah sistem penanggalan, yang saat tersebut belum tidak sedikit digunakan oleh kemajuan lain. Sistem penanggalan yang dipakai oleh bangsa Mesir Kuno terdapat tiga, yakni penanggalan pertanian guna menilai masa bercocok tanam dan masa panen, penanggalan bintang, dan penanggalan bulan.

Para pendeta Mesir Kuno menyaksikan pergerakan bulan guna menilai masa-masa upacara Dewa Bulan Khonsu. Sementara penanggalan bintang dipakai untuk membina kuil-kuil yang sejajar dengan posisi bintang tertentu atau pergerakan matahari.

Salah satu penerapan ilmu pengetahuan yang baik dari bangsa Mesir Kuno ialah pembangunan Piramida sebagai makam semua raja Mesir dan kuil-kuil sebagai lokasi pemujaan untuk para dewa. Konstruksi piramida begitu rumit, sehingga peradaban ilmu pengetahuan di Mesir saat tersebut menjadi teka-teki.

Banyak orang yang berasumsi bahwa ilmu pengetahuan di Mesir saat tersebut lebih majudikomparasikan ilmu pengetahuan zaman canggih ini.

0 komentar:

Posting Komentar