Jumat, 10 Mei 2019

Teknologi Informasi | teknologi informasi wikipedia

Teknologi Informasi | Wikipedia 'Gembok' Artikel 
Profil Capres dan Cawapres, Apa Alasannya?

Pengurus Wikipedia bahasa Indonesia semenjak 21 September 2018 menyerahkan perlindungan terhadap tulisan profil semua capres dan cawapres yang bakal maju dalam Pilpres 2019 mendatang. Profil dari pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta pasangan Prabowo Subianto serta Sandiaga Uno, sekarang telah berada dalam mode "perlindungan sebagian."

Mode perlindungan sebagian tersebut ditandai dengan adanya simbol gembok warna abu-abu di sisi kanan tulisan profil. Mode ini sering digunakan untuk mengayomi halaman yang seri divandal oleh pemakai anonim.

Dalam keterangan di halaman sah Wikipedia, mode perlindungan sebagian bakal membuattulisan hanya bisa disunting oleh pemakai yang telah terkonfirmasi secara otomatis, termasuk semua pengurus.


Teknologi Informasi - Berdasarkan keterangan dari salah satu pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, Bonaventura Aditya Perdana, fitur "perlindungan sebagian" membuat tulisan tidak bisa disunting oleh pemakai anonim sebab selama ini profil capres dan cawapres yang bakal bertarung tahun depan, sangat sering dirusak oleh akun anonim.

Dengan mode perlindungan sebagian, sebuah tulisan hanya dapat disunting oleh pemakaiyang sudah mengerjakan login. Di sini, semua pengurus Wikipedia dapat mengawasi alamat email atau IP address yang mengerjakan penyuntingan artikel.

"Kalau terdapat pemakai atau alamat email yang menyunting dengan merusak artikel, kitadapat mengetahui alamat email-nya, atau bahkan memblokirnya supaya tidak dapat melakukan penyuntingan artikel," kata Bonaventura untuk kumparan, Senin (24/9).

Pembatasan macam ini dinilai Bonaventura masih memberi kesempatan untuk pemakaitercatat untuk mengerjakan penyuntingan tulisan dan ini sejalan dengan motivasi Wikipedia sebagai ensiklopedia bebas dan tersingkap untuk siapa saja.

Perlindungan terhadap profil capres-cawapres dilaksanakan Wikipedia jelang masa kampanye politik yang dibuka pada 23 September. Di masa ini, kampanye politik pun akandilaksanakan secara online. Tim sukses setiap kubu bakal memanfaatkan platform digitalguna berkampanye.

Baca : Pemindahan Ibu Kota Indonesia Harus Menerapkan Pemerintahan 4.0

0 komentar:

Posting Komentar