Rabu, 22 Mei 2019

TEKNOLOGI INFORMASI | perkembangan teknologi informasi 10 tahun kedepan

TEKNOLOGI INFORMASI | Agar Dipandang Dunia, 
4 Teknologi Ini Wajib Segera Kita Miliki

1. Teknologi pengelola plastik

Agar Dipandang Dunia, 4 Teknologi Ini Wajib Segera Kita
Indonesia dinobatkan sebagai negara donatur sampah plastik nomor 2 di dunia. Berdasarkan keterangan dari data dari BPS (Badan Pusat Statistik),masing-masing tahun buatan sampah plastik di Indonesia dapat mencapai 64 juta ton di mana sejumlah 3,2 juta ton sampah plastik terbuang ke lautan, sementara sisanya kebanyakan dihanguskan dan melulu sebagian kecil saja yang didaur ulang.

Padahal, semakin meningkatnya jumlah warga dan kegiatan ekonomi maka konsumsi plastik pun bakal semakin tidak sedikit juga. Apabila urusan ini dibiarkan, Indonesia akan merasakan masalah serius sehubungan dengan plastik dalam 5-10 tahun ke depan laksana polusi laut sampai polusi udara. Di satu sisi, pemakaian plastik telah menjadi urusan yang erat di kehidupan masyarakat sehingga tidak mengizinkan pemakaian plastik dalam jumlah besar bukanlah urusan yang bijak.

Kalau begitu apakah solusinya? Jawabannya ialah teknologi pengelola limbah plastik. Teknologi ini pada dasarnya mengolah plastik menjadi bahan bakar melewati proses yang dinamakan dengan pirolis. Hasil pengolahan plastik ini dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraansampai pembangkit listrik sampai-sampai selain meminimalisir sampah plastik juga dapat menjadi pilihan bahan bakar.

2. Transportasi massal terintegrasi

Jakarta belum lama ini baru saja meresmikan transportasi massal mempunyai nama Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT. Pembangunan MRT ini diandalkan  dapat menolong kemacetan di Jakarta yang dinobatkan sebagai kota termacet ke-12 di dunia. Meski begitu tidak lumayan hanya membina transportasi massal saja, namun harus dipikirkan pun mengenai konektivitas di dalam kota maupun antar kota sampai-sampai masyarakatbisa dengan gampang ke sekian banyak  tempat melulu dengan transportasi umum saja.


Meski kedatangan MRT ialah prestasi yang paling membanggakan, urusan ini belum menuntaskan secara lengkap karena tidak saja Jakarta saja satu-satunya kota di Indonesia yang bermasalah dengan kemacetan. Harapan terbesar untuk masyarakat Indonesia pastinya teknologi transportasi massal terintegrasi ini bisa dihadirkan di semua wilayah Indonesia oleh pemerintahan mendatang.

Bukan melulu memudahkan penduduk yang bermukim di wilayah tersebut saja, tetapi pun memudahkan semua turis yang hendak menikmati keindahan Indonesia dengan lebih nyaman dan aman. Cobalah bayangkan merasakan indahnya kota-kota di Indonesia dengan melulu mengandalkan transportasi umum laksana MRT dan bus, pasti sangat mengasyikkan bukan?

3. Internet yang cepat dan merata

Indonesia sedang di peringkat ke 74 dari 77 menurut laporan yang diluncurkan oleh OpenSignal, di mana rata-rata kecepatan internet kabel di Indonesia melulu mencapai 13,79 Mbps. Angka ini bertolak belakang jauh dengan negara tetangga yakni Singapura yang menduduki peringkat 1 dengan kecepatan internet 161.5 Mbps. Jika Indonesia ingin berlomba dengan negara lain, maka internet yang cepat ialah pekerjaan yang mestidiprioritaskan oleh pemerintahan mendatang.


Bukan melulu kecepatan internet, akses yang gampang terhadap internetpun harus diperhatikan. Hal ini telah mulai terealisasi salah satunya dengan hadirnya paket kuota internet murah dari Smartfren melewati paket murah meriah #Super4GKuota mulai dari Rp60.000 dengan kuota internet 30GB.

Akses internet yang gampang akan mempermudah seluruh lapisan masyarakatguna mengakses informasi dan turut serta keberlangsungan negara salah satunya dengan menerbitkan pendapat atau kritik untuk pemerintahmelewati #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu.

Nah, bila kamu inginkan informasi menyeluruh soal jaringan dan paket Super 4G Kuota dari Smartfren dapat baca di link ini.

4. Bioteknologi modern


Bioteknologi ialah suatu ilmu yang memanfaatkan keterampilan dan keanekaragaman makhluk hidup, misal dari penerapan bioteknologi yangtidak sedikit kita temui sehari-hari ialah fermentasi laksana padapenciptaan keju dan roti. Namun, misal tersebut ialah penerapan bioteknologi secara konvensional.

Penerapan bioteknologi canggih melingkupi teknologi rekayasa genetik yang sudah tidak sedikit dikembangkan di negara maju terutama dalam bidang pertanian. Penciptaan tumbuhan GMO (Genetically Modified Organism) akanmenolong menyelesaikan sekian banyak  masalah laksana serangan hama, daya tahan, sampai masalah kelemahan air.


Sebut saja di antara contohnya ialah Jagung Bt yang mempunyai keistimewaan tahan dari serangan hama. Hal ini akan menolong menyelamatkan tidak sedikit jagung dari tidak berhasil  panen danmeminimalisir pemakaian pestisida dalam jumlah yang banyak. Hal inipastinya akan menciptakan produktivitas lahan semakin meningkat, bukan?

Sebagai salah satu tahapan mewujudkan swasembada pangan, penerapan danriset bioteknologi modern terutama dalam bidang pertanian pasti menjadi salah tahapan penting di masa depan. Apalagi menilik bahwa jumlah warga Indonesia telah menduduki peringkat ke-4 di dunia dan bakal terusmeningkat tiap tahunnya.

Itulah 4 teknologi yang mesti banget dipunyai oleh negeri kita supaya dapat berlomba dengan negara maju. Kunci utama guna menyamakan danmemburu ketertinggalan kita ialah melalui inovasi dan teknologi ciptaan anak bangsa. Dengan memprioritaskan perkiraan dan tenaga guna teknologi-teknologi di atas, diinginkan Indonesia bisa semakin di anggap dunia dan dibanggakan oleh rakyatnya.

Baca Juga : Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 18 Mei 2019

0 komentar:

Posting Komentar