Rabu, 22 Mei 2019

Teknologi Informasi - Kaspersky: Satu Juta Komputer Asus Diretas

Teknologi Informasi - Kaspersky: Satu Juta Komputer Asus Diretas
Perusahaan layanan ketenteraman siber Kaspersky Lab mengerjakan investigasi bareng perusahaan teknologi Asus atas permasalahan pengiriman malware oleh peretas ke lebih dari satu juta komputer Asus pada penghujung 2018.

Dilansir dari Reuters, peretasan itu kesatu kali diadukan situs berita teknologi Motherboar yang menyatakan peretas bisa memanfaatkan data besarnya skala perusahaan Asus dan pemasok produknya untuk mencapai korban-korban.
Seorang peneliti ketenteraman siber, menjelaskan untuk Reuters, dengan data itu peretas dapat mengantarkan malware ke lebih dari satu juta komputer Asus dengan membajak sistem pembaruan peranti empuk perusahaan.

Pihak Kaspersky menyatakan peretasan dilaksanakan dengan diberikannya pilihan pembaruan perangkat empuk komputer melewati 'pintu belakang' dari malware yang diantarkan peretas. Opsi tersebut lantas akan menyerahkan peretas akses terhadap komputer yang terinfeksi.

“Kami tidak bisa menghitung jumlah total pemakai yang terpengaruh melulu menurut data kami; Namun, kami memperkirakan bahwa skala sebetulnya dari masalah ini jauh lebih banyak dan bisa jadi mempengaruhi lebih dari satu juta pemakai di semua dunia,” ujar pihak Kaspersky, dikutip dari Reuters, Senin (26/03/2019).

Pihak Kaspersky menuliskan bahwa lebih dari 57.000 pemakainya telah mendownload dan memasang pembaruan Asus tersebut. Mereka memperkirakan peretasan terjadi pada kurun Juni–November 2018.

Adapun, pihak Kaspersky menyatakan mereka memberi tahu Asus tentang peretasan itu pada Januari 2019 dan menolong jalannya investigasi. Pihak Asus menyatakan akan menyerahkan pernyataan pada Selasa

0 komentar:

Posting Komentar