Selasa, 23 April 2019

Teknologi Informasi | informasi teknologi robot

Teknologi Informasi | ABB kenalkan robot 
yang kolaborasi dengan manusia


Teknologi Informasi - PT ABB Sakti Industri (ABB Indonesia) mengenalkan robot guna industri manufaktur, Collaborative Robot. Jika seringkali robot dipakai di sekian banyak  industri guna menggantikan tenaga manusia, beda hal dengan robot yang dirancang ABB dengan mengedepankan system co-working ini, yaitu kerja sama antara robot dengan manusia.

Head of Robotics ABB Indonesia Mugi Harfianza mengatakan, ketika ini perusahaanmemerlukan robot yang dapat berkolaborasi dan bekerjasama dengan manusia, sampai-sampai isu robot bisa menggantikan tenaga insan dapat teratasi. “Dulu, memang robot bekerja sendiri. Sekarang, robot didesain guna bekerja sama dengan manusia. ABB pun memproduksi robot dengan sistem itu," kata Mugi di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Dia menuliskan, robot tersebut dapat dimanfaatkan guna jenis kegiatan yang mempunyai risiko tinggi untuk manusia. Jadi, robot itu aman dilaksanakan untuk perlengkapan manufaktur di pabrik-pabrik dalam negeri.

Baca Juga : Vendor Rilis Teknologi Multitasking 2.0

Keunggulan lainnya, robot itu terkoneksi dengan internet. Sehingga tetap dapat diawasi dari jauh baik oleh empunya dan oleh ABB. "Karena robot ABB terkoneksi dengan jaringan pusat ABB," kata Mugi.

Mugi mengatakan, robot produksi ABB ini menyasar sejumlah bidang manufaktur laksana industri makanan dan minuman (F&B), otomotif, elektronik, dan lainnya. Untuk dia, Indonesia menjadi pasar yang baik untuk pertumbuhan teknologi robot. "Di Amerika Serikat, Eropa dan Asia, robotik terus berkembang. Begitu pun di Indonesia. Industrimasa mendatang ini bakal terus tumbuh," katanya.

ABB memandang optimis penjualan robot di Indonesia pun akan berkembang. Diamenyatakan iklim investasi di Indonesia sekitar ini menyerahkan kemudahan. Ditambah lagi, Indonesia sedang memusatkan industri 4.0 yang mengkhususkan sistem digital.

Sebagai informasi, robot yang dinamakan Collaborative Robot ini bisa menggapai sampai ketinggian 3,5 meter dan bisa menanggung beban sampai 800 kilogram.

0 komentar:

Posting Komentar